tiwi

  • Submitted By: tiwi
  • Pregnancy
  • 0
  • 1K
  • 0

Cara menghitung masa subur

Mengetahui masa subur setelah proses mentsruaasi adalah hal yang perlu dperhatikan jika Anda dan pasangan anda berniat untuk segera memiliki anak. Dewasa ini, banyak pasangan suami istri yang ingin segera hamil dan punya anak namun lupa untuk memperhatikan hal-hal penting yang bisa membantu dalam proses terjadinya kehamilan tersebut. Masa subur adalah waktu dimana seorang wanita berada pada kondisi paling siap untuk mendapatkan kehamilan, jika Anda dan pasngan Anda berhubungan intim pada masa subur ini, kemungkinana untuk hamilpun menjadi sangat tinngi. Secara ilmiah, masa subur terjadi ketika sel telur mengalami ovulasi, ovulasi adalah sebuah proses lepasnya sel telur yang matang dari ovarium. Pada masa ini, jika sel telur dibuahi oleh sperma, maka kemungkinan untuk berkembang menjadi janinpun sangatlah besar, apalagi jika kualitas kedua sel baik sel telur dan sperma yang membuahi keduanya berada dalam kondisi sehat dan prima.

Cara menghitung masa subur
Cara menghitung masa subur
Berbicara mengenai masa subur seorang wanita , cara menghitung masa subur itu sendiri sebenarnya tidaklah sulit, apalagi saat ini sudah terdapat aplikasi canggih yang bernama 'kalkulator masa subur' yang bisa di dapatkan secara gratis baik di internet ataupun di download langsung dari appstore di smartphone Anda. Dengan menggunakan apilakasi ini Anda dapat menghitung masa subur Anda dengan mudah hanya dengan memasukan angka-angka sederhana dan hasilnya pun segera bisa diketahui. Selain menggunakan kalkulator masa subur, sebetulnya Anda juga bisa mengetahui kapan terjadinya masa subur ini dengan menghitungnya secara manual, biasanya, cara menghitung masa subur wanita secara manual ini dilakukan setelah menstruasi terakhir terjadi, proses penghitungannya pun tergolong mudah karena hanya menggunakan rumusan yang sederhana. 
 
Cara menghitung masa subur memang mudah untuk dilakukan, untuk mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur menggunakan rumus penghitungan manual seperti yang sudah penulis singgung diatas, dan juga menggunakan cara-cara lain yang tak kalah mudah dan sederhana, berikut penulis coba rangkum beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung dan mengetahui kapan tetrjadinya masa subur Anda.
 
1. Cara Menghitung Masa Subur Wanita Menggunakan Rumus Matematis
Puncak masa subur seorang wanita biasanya terjadi 13 hari semenjak menstruasi hari pertama Anda terjadi, masa ini adalah masa paling subur untuk kondisi sel telur Anda. Selain kondisi puncak masa subur ada juga kondisi masa subur biasa, kondisi ini terjadi 3 hari setelah atau sesudah Anda berada pada kondisi puncak masa subur Anda. 
 
 
Sebagai Contoh misalkan Anda mengalami menstruasi pertama pada hari ke 10, maka otomatis puncak masa subur Anda terjadi pada hari ke 23 sementara untuk masa subur biasa terjadi 3 hari sebelum dan sesudahnya yaitu terjadi pada tanggal 20,21,22 dan pada tanggal 24,25,26. Jadi menurut perhitungan secara manual, masa subur Anda terjadi mulai tanggal 20 sampai tanggal 26. Perlu diingat bahwa cara pehtinungan ini hanya berlaku bagi Anda yang mempunyai siklus menstruasi yang teratur, jika siklus haid Anda tidak tertaur maka Anda harus menghitungnya dengan rumus yang berbeda, seperti apa rumusnya? mari kita simak penjelasannya di poin kedua berikut ini.
 
2. Cara Menghitung Masa Subur Untuk Siklus Haid Yang Tidak Teratur.
Untuk Anda yang memiliki siklus mentsruasi yang tidak teratur, untuk mengetahui masa subur Anda setidaknya Anda harus ingat dan catat siklus mentrusai selama 6 bulan hari terakhir, ini dikarenakan pada siklus haid yang tak teratur, rumus digunakan pun berbeda dengan yang digunakan untuk siklus haid yang teratur. Jika Anda sudah mencatatnya, cari tahu berapa hari siklus haid terpendak anda dan berapa hari jumlah siklus haid terpanjang Anda. Kurangi jumlah hari siklus terpanjang Anda dengan angka 11 maka akan dihasilkan hari terkahir masa subur Anda pada siklus haid terakhir Anda, sedangkan untuk mengetahui hari pertama masa subur Anda bisa diperoleh dengan mengurangi jumlah hari siklus terpendek Anda dengan angka 18. Contohnya misalkan, siklus haid terpanjang Anda selama 6 bulan terakhir adalah 31 hari sementara siklus haid terpendeknya 26 hari, maka masa subur Anda terjadi pada 31 - 11 = 20 dan 26 -18 = 8, maka masa subur Anda pada bulan tersebut terjadi antara hari ke- 8 sampai hari ke-20.
 
3. cara Menghitung Masa Subur Dengan Mencatat Temperatur Tubuh
Catatlah suhu temperatur tubuh pada pagi hari sebelum beraktifitas, pada wanita yang sedang tidak berovulasi atau sedang tidak berada pada masa subur, suhu normal wanita biasanya adalah 35-37 derajat celcius, jika Anda mendapati suhu tubuh Anda naik setengah derajat selama beberapa hari hingga sesaat Anda sebelum haid, maka periode saat itulah masa subur sedang terjadi pada diri Anda.
 
4. Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Monitor Kesuburan
Jika Anda sudah melakukan ketiga cara diatas tetapi Anda masih belum yakin kapan tepatnya Anda memasuki masa subur Anda, cara yang paling ampuh untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan alat monitor kesuburan. Alat ini biasanya tersedia di setiap rumah sakit atau tempat praktek dokter kehamilan, cara kerja alat ini adalah dengan mendeteksi kandungan hormon lutein yang keluar sesaat sebelum masa subur Anda datang.
 
5. Cara Menghitung Masa Subur Dengan Pengecekkan Lendir Serviks
 Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui masa subur Anda adalah dengan mengamati keluarnya cairan dari organ intim Anda, pada saat masa subur datang, biasanya lendir serviks ini akan keluar dan Anda akan dapat merasakan ketika Anda selesai buang air kecil. Jika kondisi cairan ini kering, kentla atau lengket maka bisa dipastikan kalo Anda belum berada pasa masa subur Anda, jika cairan yang keluar bersifat licin, berbentuk seperti putih telur dan elastis maka saat itu Anda sedang berada pada kondisi masa subur Anda.
 
Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kapan masa subur terjadi pada diri Anda, bila Anda berencana ingin segera memiliki anak, pastikan Anda melakukan hubungan intim pada waktu-waktu tersebut.
 
 
Tags : Cara menghitung masa subur, Cara Cepat Menghitung Masa Subur Wanita, panduan ibu hamil, cara cepat hamil, tips cepat hamil yang terbukti, cara cepat hamil secara alami, cara menghitung masa subur yang benar,cara menghitung masa subur setelah haid,kalkulator masa subur,cara menghitung berat badan ideal,cara cepat hamil,cara menghitung masa subur online,cara menghitung masa subur agar cepat hamil,cara menghitung usia kehamilan, cara menghitung masa subur haid tidak teratur,cara menghitung masa subur agar tidak hamil,cara menghitung masa subur pria, cara menghitung masa subur pdf,cara menghitung masa subur setelah haid,cara menghitung masa subur wanita agar tidak hamil,cara menghitung masa subur agar cepat hamil,cara menghitung masa subur yang benar
 
source : hamilceria.com
loading...

Related posts

Related posts