Articles Directory

  • 0

Diabetes mellitus adalah suatu penyakit yang tidak asing lagi di telinga masyarakat, karena banyak orang di negeri ini yang menderita penyakit jenis ini. Penyakit yang biasa disebut dengan penyakit kencing manis ini merupakan gangguan dari sistem metabolisme yang ada di dalam tubuh manusia. Penyakit yang satu ini terjadi karena meningkatnya kadar gula darah hingga melampau batas normal. Dengan demikian, terjadinya penigkatan kadar gula darah tersebut dapat mengakibatkan gangguan dari sistem metabolisme di dalam tubuh. Dalam hal ini, pankreas merupakan organ tubuh yang paling terganggu jika seseorang menderita penyakit yang satu ini. Pankreas merupakan kelenjar yang mampu memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Diabetes Mellitus

Jika seseorang menderita penyakit diabetes mellitus, maka pankreas sudah tidak mampu untuk memproduksi hormon insulin yang notabene merupakan hormon penyeimbang kadar gula dalam darah. Jika seseorang menderita penyakit yang biasa disebut dengan penyakit kencing manis ini, maka terdapat tanda – tanda yang dapat diamati. Adapun tanda – tanda seseorang terkena diabetes mellitus antara lain:

  • Seringnya seseorang buang air kecil

Sering buang air kecil merupakan tanda–tanda seseorang menderita penyakit yang berbahaya ini. Seseorang yang terkena penyakit dengan jenis ini memiliki kadar gula yang sangat tinggi dan tak mampu disaring oleh ginjal, sehingga kadar gula yang tinggi tersebut keluar bersama air seni yang dikeluarkannya. Oleh sebab itu, tak heran jika air seni seseorang yang terkena penyakit yang satu ini selalu dikerumuni oleh semut karena kadar gulanya yang sangat tinggi.

  • Mudah haus

Seringnya penderita penyakit diabetes mellitus buang air kecil, membuat penderita penyakit tersebut mudah merasa haus. Jika seseorang sangat mudah merasa haus maka seringkali mereka meminum air yang dingin. Seperti kita ketahui bahwa kebiasaan orang di negeri kita jika meminum air dingin selalu disertai dengan berbagai macam produk minuman yang mengandung gula seperti sirup. Sehingga hal ini dapat juga menambah kandungan gula dalam darah.

  • Mudah lapar

Seseorang yang menderita penyakit yang satu ini sering merasa mudah lapar. Padahal kita mengetahui bahwa terlalu banyak makan dapat membuat kadar gula dalam darah menjadi naik. Hal ini dikarenakan nasi yang kita makan sehari hari mengandung glukosa.

  • Mudah letih dan lesu

Penderita diabetes mellitus sering merasa mudah letih dan lesu karena produksi gula yang berada di dalam darah menjadi terhambat. Oleh karena itu proses perubahan glukosa menjadi energi menjadi terganggu. Maka tak heran jika penderita penyakit ini sering merasa mudah letih dan lesu.

  • Sering kesemutan

Penderita diabetes mellitus sering mengalami kesemutan karena gula darah yang tinggi menyebabkan kerusakan pada syaraf yang mengakibatkan penderita sering mengalami kesemutan.

Itulah tanda – tanda yang sering muncul pada penderita diabetes mellitus.

loading...

Related posts

Related posts