Articles Directory

  • 0

Penyakit Hepatitis B dan Pencegahannya

Penyakit hepatitis B adalah penyakit yang diakibatkan infeksi Virus Hepatitis B (VHB) dengan cara menimbulkan peradangan pada hati. Ada dua jenis penyakit hepatitis B, yaitu hepatitis akut dan hepatitis kronis sebagai penyebab komplikasi hati kronis seperti sirosis dan kanker hati yang bisa berujung pada kematian.

Tanda dan gejala penyakit hepatitis B biasanya muncul setelah dua sampai tiga bulan setelah anda terinfeksi dan gejalanya dapat bervariasi dari yang ringan sampai parah. Tanda dan gejala hepatitis B antara lain nyeri pada area perut dan sendi, mual dan muntah yang bisa berlangsung lama, urin yang berwarna gelap, hilangnya nafsu makan, lemah dan kelelahan ekstrim, kulit dan area putih pada mata menjadi kuning (jaundice).

Penyakit Hepatitis B dan Pencegahannya

Virus Hepatitis B (VHB) umumnya menular melalui darah atau cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina, atau air mani yang masuk di dalam aliran darah orang sehat. Hal ini terjadi karena Hepatitis B ada di dalam darah serta cairan tubuh tersebut.

Pencegahan Penyakit Hepatitis B

Untuk mencegah agar jangan sampai terkena penyakit hepatitis B bisa dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • menghindari kontak dengan darah penderita, baik melalui jarum suntuk transfusi darah, pemakaian narkoba, pisau cukur dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan darah,
  • menjalankan gaya hidup sehat dan bersih, tidak berganti-ganti pasangan (setia), dan
  • jangan lupa untuk melakukan vaksinasi Hepatitis B

Pengobatan Penyakit Hepatitis B

Untuk mengobati hepatitis B bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan interferon alfa - 2a/2b pegilasi serta mengkonsumsi obat-obatan antivirus seperti analog nukleosida.

Sebelum terlambat, cegahlah agar diri anda dan keluarga jangan sampai terkena penyakit hepatitis B.

loading...

Related posts

Related posts