tamara

  • 0

Mengenal Gejala Penyakit Paru-paru Basah

Bagaimana cara mengenali gejala penyakit paru-paru basah? Paru-paru merupakan salah satu organ penting manusia, sehingga jika terjadi ‘sesuatu’ dengan organ tubuh vital ini, dampaknya bisa sangat fatal. Salah satu penyakit paru-paru yang cukup berbahaya adaah paru-paru basah. Dalam dunia kedokteran, paru-paru basah dikenal dengan istilah pnemonia, yang merujuk pada terjadinya infeksi atau peradangan, yang bersemayam pada area paru-paru. Peradangan ini dipicu oleh virus, bakteri, dan bisa juga oleh jamur. Tak sedikit orang yang menyepelekan penyakit ini, karena gejalanya memang sering datang secara tak terduga. Masuknya virus, bakteri, atau jamur ke dalam organ tubuh bisa melalui pernapasan. Hal ini bisa terjadi jika seseorang kurang menjaga kebersihan dan kesehatannya. Sebenarnya, gejala penyakit paru-paru basah itu apa saja berikut ini adalah penjelasannya.

Gejala Penyakit Paru-paru Basah

Berbagai Gejala Penyakit Paru-paru Basah

Berbagai gejala penyakit paru-paru basah di antaranya adalah pada bagian telapak tangan maupun kaki sering mengeluarkan keringat dingin. Selain itu, penderita juga kerap mengalami sesak napas, berkurangnya berat badan, demam, tubuh lesu, dan sering batuk-batuk yang disertai dahak. Ketika sedang batuk, dada akan terasa sakit, dan ada rasa tak nyaman di bagian punggung. Untuk mengurangi gejala penyakit paru-paru ini, sebaiknya penderita tidak sering berada di daerah bersuhu sangat dingin seperti daerah pegunungan, sehingga terhindari dari gejala penyakit paru-paru basah.

Sering bepergian di malam hari juga sebaiknya dihindari, karena suhu dingin sangat tidak bersahabat dengan gejala penyakit paru-paru. Karenanya, penggunaan AC dan kipas angin di kamar tidur sangat tidak dianjurkan, karena hal ini dapat memperburuk keadaan gejala penyakit paru-paru. Tak heran, setelah ‘berdingin-dingin’ dengan AC, udara malam, atau kipas angin, biasanya secara kontan, penderita akan mengalami batuk-batuk dan bersin berkepanjangan. Anda juga bisa saja terjangkiti gejala penyakit paru-paru ini lantaran tanpa sengaja menghirup bahan kimia berbahaya. Selain itu, perlu diketahui bahwa prevalensi paru-paru basah cukup tinggi pada orang-orang berusia di atas 65 tahun atau anak-anak berusia di bawah 2 tahun. Demikian pula orang dengan derajat kesehatan rendah, akan mudah terjangkiti gejala penyakit paru-paru basah ini.

Menghindari Gejala Penyakit Paru-paru Basah

Gejala penyakit paru-paru basah dapat dihindari dengan beberapa cara. Di antaranya adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga secara rutin dapat menyehatkan paru-paru, sehingga organ tubuh yang satu ini tidak mudah terganggu virus, jamur, maupun bakteri. Selain itu, sebaiknya penderita gejala penyakit paru-paru basah juga menghindari rokok. Sudah rahasia umum bahwa dalam sebatang rokok terdapat 4000 jenis racun, yang dapat membahayakan paru-paru. Maka, jika ingin terhindar dari serangan penyakit paru-paru basah, salah satu solusinya adalah menjauhi asap rokok. Langkah berikutnya adalah sering mencuci tangan, dan selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di area penuh debu atau diduga berjamur, agar Anda benar-benar tidak dihinggapi gejala penyakit paru-paru basah.

loading...

Related posts

Related posts