Hijab Collection

  • 0

Mencegah kanker payudara dengan cara sederhana

Lakukan pencegahan sejak awal agar risiko fatal kanker payudara nggak menyerangmu.

kanker payudara
kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menjangkit perempuan masa kini. Dalam banyak kasus, kanker payudara berakibat fatal karena tidak terdeteksi sejak awal. Tetapi jika kamu melakukan pencegahan dini dengan memperhatikan kesehatan, langkah-langkah sederhana bisa menjauhkanmu dari risiko kanker payudara.

Hindari kelebihan berat badan

Pada perempuan, kanker menjadi ancaman lebih besar terutama setelah menopause. Meski begitu, gaya hidup masa kini semakin mempercepat risiko penyakit ini juga. Terutama jika berat badan berlebih. Cobalah menjaga indeks massa tubuh dan sering berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk meredam risiko penyakit ini.

Pastikan fisik tetap sehat

pastikan fisik tetap sehat
pastikan fisik tetap sehat

Hanya menjaga berat badan tidaklah cukup. Kamu harus tetap aktif secara fisik juga. Membiasakan diri berolahraga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker payudara antara 10-30%. Kamu nggak harus berolahraga berat atau pergi ke gym, dengan rutin berjalan kaki 30 menit tiap hari juga bisa mencegah penyakit ini.

Makan yang benar dan sehat

Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi seperti ikan hingga buah-buahan bisa membantumu mencegah kanker payudara. Selain itu, pastikan juga kamu mengonsumsi makanan secara rutin di waktu yang sama dan menghindari pola makan yang kacau.

Jauhi rokok dan alkohol

Alkohol bisa meningkatkan produksi estrogen. Apalagi kamu yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker dianjurkan benar-benar menghindari rokok dan alkohol. Selain mencegah risiko terjangkit penyakit, kesehatanmu juga akan lebih baik.

Jika kamu punya bayi, susuilah

menyusui bayi
menyusui bayi

Penelitian membuktikan bahwa ibu yang menyusui anaknya dalam waktu lama akan menurun risiko terjangkit kanker payudara. Menyusui bisa menghambat produksi estrogen yang berpengaruh besar memicu munculnya penyakit ini. Selain itu, jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara, sangat penting untuk mengonsultasikan dengan dokter agar diberi resep penghalang estrogen.

Selalu waspada, deteksi gejala penyakitnya

Dengan menyadari bagaimana payudaramu terasa dan terlihat, kamu bisa mendeteksi kanker payudara sejak dini. Cobalah periksa sendiri payudaramu secara berkala untuk mengetahui apakah ada benjolan atau hal yang tidak biasa. Jika ada, segera konsultasikan ke dokter. Meskipun benjolan tidak selalu berarti kanker, namun deteksi dini membuatmu memiliki lebih banyak waktu untuk mengobati penyakit sejak awal.

Jadi, jangan lupa memeriksa riwayat kesehatan keluarga dan tingkatkan kesadaran mengenai kanker payudara sejak dini dengan memperbaiki gaya hidup. Karena tanpa proteksi yang baik, penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu!

 

Tags : Mencegah kanker payudara dengan cara sederhana

 

 

Source : http://gladisco.lintas.me/article/health/cegah-kanker-payudara-dengan-cara-ini

loading...

Related posts

Related posts