Articles Directory

  • 1

Manfaat putih telur seringkali dilupakan orang. Adalah fakta bahwa merah telur kerap dianggap lebih berharga ketimbang putihnya. Padahal, putih telur memiliki segudang manfaat yang tak terkira. Selain dapat digunakan sebagai bahan makanan aneka sajian, putih telur juga cukup multiguna baik bagi tubuh maupun kecantikan. Putih telur mengandung protein cukup tinggi, sedangkan kandungan lemak dan kolesterolnya benar-benar nihil, sehingga putih telur cukup baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otot, juga baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan diet sehat. Selain kaya akan protein, putih telur juga padat mineral seperti zinc dan fosfor. Selain itu, kandungan vitaminnya pun cukup memadai, di antaranya mengandung vitamin A, B, D, dan E. Perlu diketahui bahwa putih telur juga mengandung zat peptida yang dapa membantu memperkuat stamina tubuh. Selebihnya, dalam putih telur pun terkandung fosfat sebanyak 60-90 mg/putih telur.

Manfaat Putih Telur

Berbagai Manfaat Putih Telur

Manfaat putih telur bagi urusan dapur adalah dapat diolah menjadi berbagai menu makanan sehat. Putih telur yang direbus dan dipotong-potong biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap salad. Selain itu, putih telur rebus yang dipotong-potong lalu digoreng, juga bisa dijadikan bahan campuran tumis aneka sayuran atau diolah menjadi sambal goreng. Cita rasanya tentu sangat nikmat, dan cocok untuk para penyuka makanan sehat, terlebih karena putih telur merupakan bahan kaya protein yang bebas kolesterol. Menjadikan putih telur sebagai bahan kue adalah nilai positif lain dari manfaat putih telur.

Manfaat putih telur lainnya adalah sebagai bahan masker rambut. Caranya dengan mencampur putih telur dengan madu dan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada rambut setidaknya seminggu sekali. Manfaat putih telur yang satu ini sungguh mengejutkan, karena rambut tampak lebih sehat, tidak lepek, berkilau, dan lebih indah dari sebelumnya. Putih telur juga bisa dimanfaatkan sebagai perekat jempolan. Jika Anda menjumpai barang pajangan Anda yang terbuat dari kaca/keramik atau bahan pecah belah dalam kondisi retak, Anda dapat memperbaikinya dengan mengoleskan putih telur pada bagian yang pecah atau retak, lalu sambungkan dengan hati-hati. Hasilnya sungguh mengagumkan, lem putih telur yang benar-benar transparan dapat menyambungkan dua bagian secara sempurna, tanpa ada tanda-tanda bekas retak atau pecah. Akan tetapi, jangan gunakan lem putih telur untuk memperbaiki piring makan yang pecah, misalnya, karena bobot piring ini terlalu berat, sehingga lem putih telur tak kan mampu menyatukannya secara maksimal.

Manfaat Putih Telur Untuk Penyembuhan Luka

Bahan putih telur memang benar-benar multiguna. Selain aneka manfaat yang telah disebutkan, putih telur juga dapat dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka luar. Mereka yang mengalami cedera dianjurkan banyak mengonsumsi putih telur agar lukanya cepat pulih. Demikianlah ulasan mengenai berbagai sisi tentang manfaat putih telur.

loading...

Related posts

Related posts